Review Jurnal (SoftSkill)
Review Jurnal
NAMA : Fanny Ardian Priambodo
KELAS : 3KA03
JUDUL : Implementasi Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan Menggunakan Finite State Machine.
JURNAL : Jurnal Teknik Pomits
ISSN : 2337-3520 / Vol. 6, No. 2 (2017)
TAHUN : 2017
PENULIS : Billy, Imam Kuswardayan, Wijayanti Nurul Khotimah
LATAR BELAKANG
Finite State Machine atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan alur dari suatu proses berdasarkan state atau keadaan dari suatu proses. Hanya ada satu state yang bisa aktif pada suatu waktu sehingga dibutuhkan adanya perpindahan ke state lain apabila ingin melakukan aksi yang lain. FSM biasa digunakan untuk mengatur dan menentukan alur tindakan, yang berguna untuk mengimplementasikan AI dalam game. Defender of Metal City adalah game berjenis tower defense yang dirancang dengan AI untuk meningkatkan antusiasme pemain dengan adanya lawan AI dengan tingkat kesulitan yang sepadan.
PEMBAHASAN
- Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mesin yang dapat bertindak seperti layaknya manusia. Pada game, AI bertindak dalam mengendalikan komputer agar dapat bermain melawan pemain manusia.
- Tower Defense adalah sub genre dari Real-Time Strategy yang dimana tujuannya untuk melindungi Tower dari serangan musuh dan menempatkan pasukan di sepanjang jalan menuju tower tersebut.
- Finite State Machine Finite atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan alur berdasarkan state atau keadaan dari suatu proses,FSM biasa digunakan untuk mengatur dan menentukan alur tindakan, yang berguna untuk mengimplementasikan AI dalam game.
Spesifikasi Game
Pada game ini terdapat dua pihak yang saling menyerang satu sama lain, target nya adalah menghancurkan tower lawan sementara mempertahankan agar tower nya sendiri jangan sampai hancur, pihak yang towernya hancur akan kalah.
Terdapat 4 jenis pasukan pada game ini yaitu:
1. Minion
Tipe pasukan terlemah, memiliki damage yang kecil, dapat bergerak dan menyerang dengan cepat, hanya dapat menyerang dari jarak dekat dan memiliki health point yang sedikit.
2.Warrior
Tipe pasukan yang menyerang dari jarak dekat dan memiliki health point serta memiliki damage yang besar daripada tipe minion.
3.Ranger
Tipe pasukan yang menyerang dari jarak jauh dan memiliki health point dan damage yang kecil daripada warrior
4.Artillery
Tipe pasukan yang menyerang secara area damage dan dapat menyerang musuh secara bersamaan serta memiliki health point dan damage yang besar diantara semua pasukan.
Kelebihan
Jurnal ini sudah cukup lengkap dengan adanya abstrak,pendahuluan serta pembahasan mengenai game tower defense tersebut.
Kekurangan
Tidak adanya metode penelitian sehingga membuat kurang mengetahui metode penelitian tersebut.
Kesimpulan
- Dengan menggunakan FSM dalam sebuah game dapat membuat AI yang kuat
- Pada dasarnya membuat game itu susah dan dengan adanya AI tersebut dapat membantu mempermudah membuat game tersebut.
NAMA : Fanny Ardian Priambodo
KELAS : 3KA03
JUDUL : Implementasi Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan Menggunakan Finite State Machine.
JURNAL : Jurnal Teknik Pomits
ISSN : 2337-3520 / Vol. 6, No. 2 (2017)
TAHUN : 2017
PENULIS : Billy, Imam Kuswardayan, Wijayanti Nurul Khotimah
LATAR BELAKANG
Finite State Machine atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan alur dari suatu proses berdasarkan state atau keadaan dari suatu proses. Hanya ada satu state yang bisa aktif pada suatu waktu sehingga dibutuhkan adanya perpindahan ke state lain apabila ingin melakukan aksi yang lain. FSM biasa digunakan untuk mengatur dan menentukan alur tindakan, yang berguna untuk mengimplementasikan AI dalam game. Defender of Metal City adalah game berjenis tower defense yang dirancang dengan AI untuk meningkatkan antusiasme pemain dengan adanya lawan AI dengan tingkat kesulitan yang sepadan.
PEMBAHASAN
- Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mesin yang dapat bertindak seperti layaknya manusia. Pada game, AI bertindak dalam mengendalikan komputer agar dapat bermain melawan pemain manusia.
- Tower Defense adalah sub genre dari Real-Time Strategy yang dimana tujuannya untuk melindungi Tower dari serangan musuh dan menempatkan pasukan di sepanjang jalan menuju tower tersebut.
- Finite State Machine Finite atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan alur berdasarkan state atau keadaan dari suatu proses,FSM biasa digunakan untuk mengatur dan menentukan alur tindakan, yang berguna untuk mengimplementasikan AI dalam game.
Spesifikasi Game
Pada game ini terdapat dua pihak yang saling menyerang satu sama lain, target nya adalah menghancurkan tower lawan sementara mempertahankan agar tower nya sendiri jangan sampai hancur, pihak yang towernya hancur akan kalah.
Terdapat 4 jenis pasukan pada game ini yaitu:
1. Minion
Tipe pasukan terlemah, memiliki damage yang kecil, dapat bergerak dan menyerang dengan cepat, hanya dapat menyerang dari jarak dekat dan memiliki health point yang sedikit.
2.Warrior
Tipe pasukan yang menyerang dari jarak dekat dan memiliki health point serta memiliki damage yang besar daripada tipe minion.
3.Ranger
Tipe pasukan yang menyerang dari jarak jauh dan memiliki health point dan damage yang kecil daripada warrior
4.Artillery
Tipe pasukan yang menyerang secara area damage dan dapat menyerang musuh secara bersamaan serta memiliki health point dan damage yang besar diantara semua pasukan.
Kelebihan
Jurnal ini sudah cukup lengkap dengan adanya abstrak,pendahuluan serta pembahasan mengenai game tower defense tersebut.
Kekurangan
Tidak adanya metode penelitian sehingga membuat kurang mengetahui metode penelitian tersebut.
Kesimpulan
- Dengan menggunakan FSM dalam sebuah game dapat membuat AI yang kuat
- Pada dasarnya membuat game itu susah dan dengan adanya AI tersebut dapat membantu mempermudah membuat game tersebut.
Komentar
Posting Komentar