Manajement Layanan Sistem Informasi
Soal :
1. Apa itu Service Manajemen?
2. Sebutkan dan jelaskan standar internasional manajemen pelayanan SI/TI!
3.Contoh Layanan Manajemen SI/TI dalam bidang bisnis transportasi,ecommers,perbankan (minimal 2)!
Jawab :
1. Manajemen Service adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa. manajemen service memungkinkan penyedia layanan untuk memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia, memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan, memahami nilai dari layanan kepada pelanggan mereka dan karenanya kepentingan relatif mereka, memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang berkaitan dengan pemberian jasa tersebut.
2. Standar internasional manajemen pelayanan SI/TI
ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.Alasan Kantor Pemerintahan Inggris membuat standar yang kemudian berkembang dan dikenal dengan istilah ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah untuk memastikan terciptanya layanan publik yang berkualitas di seluruh lini pemerintahan kerajaannya. Dengan adanya sebuah panduan standar atau kriteria minimum ini diharapkan bahwa pemerintah pusat, daerah, distrik, hingga pada satuan terkecilnya dapat memberikan pelayanan kepada publik secara baik, dalam arti kata cepat, tepat, murah, dan terkendali. Mengingat bahwa hampir seluruh proses atau aktivitas pelayanan publik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, maka dirasa perlu adanya rumusan standar yang harus dipatuhi oleh seluruh pelaku pemberi pelayanan (dan pemangku kepentingan terkait lainnya).
- Layanan dalam menyalurkan pesan dari satu entitas ke entitas lainnya melalui media komunikasi elektronik;
- Layanan dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan internal maupun ekternal;
- Layanan dalam menyediakan teknologi untuk kegiatan administratif fungsional maupun strategis;
- Layanan dalam memastikan terjadinya kendali atau kontrol yang baik terhadap proses bisnis usaha; dsb.
Merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab yakin bahwa setiap masyarakat di Asia Tenggara harus mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital, dan perusahaan memberikan akses untuk layanan transportasi yang aman dan terjangkau, layanan pesan antar makanan dan pengiriman barang, serta layanan pembayaran mobile dan finansial. Grab juga adalah "decacorn" (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar atau 10 kali lipat dari "unicorn") pertama di Asia Tenggara.
Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaksi) serta kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling sosial (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh - Aceh hingga Jayapura - Papua .
Tokopedia
merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun ", Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.
1. Apa itu Service Manajemen?
2. Sebutkan dan jelaskan standar internasional manajemen pelayanan SI/TI!
3.Contoh Layanan Manajemen SI/TI dalam bidang bisnis transportasi,ecommers,perbankan (minimal 2)!
Jawab :
1. Manajemen Service adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa. manajemen service memungkinkan penyedia layanan untuk memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia, memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan, memahami nilai dari layanan kepada pelanggan mereka dan karenanya kepentingan relatif mereka, memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang berkaitan dengan pemberian jasa tersebut.
2. Standar internasional manajemen pelayanan SI/TI
ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.Alasan Kantor Pemerintahan Inggris membuat standar yang kemudian berkembang dan dikenal dengan istilah ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah untuk memastikan terciptanya layanan publik yang berkualitas di seluruh lini pemerintahan kerajaannya. Dengan adanya sebuah panduan standar atau kriteria minimum ini diharapkan bahwa pemerintah pusat, daerah, distrik, hingga pada satuan terkecilnya dapat memberikan pelayanan kepada publik secara baik, dalam arti kata cepat, tepat, murah, dan terkendali. Mengingat bahwa hampir seluruh proses atau aktivitas pelayanan publik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, maka dirasa perlu adanya rumusan standar yang harus dipatuhi oleh seluruh pelaku pemberi pelayanan (dan pemangku kepentingan terkait lainnya).
Adapun yang dimaksud dengan layanan teknologi
informasi dapat dilihat dari berbagai jenis, seperti:
- Layanan dalam
memberikan informasi kepada manajemen untuk mengambil keputusan;
- Layanan dalam
memberikan data kepada setiap unit operasional untuk kegiatan transaksibisnis; - Layanan dalam menyalurkan pesan dari satu entitas ke entitas lainnya melalui media komunikasi elektronik;
- Layanan dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan internal maupun ekternal;
- Layanan dalam menyediakan teknologi untuk kegiatan administratif fungsional maupun strategis;
- Layanan dalam memastikan terjadinya kendali atau kontrol yang baik terhadap proses bisnis usaha; dsb.
Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus
diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan
berbasis teknologi informasi yang handal, masing-masing adalah sebagai berikut:
1.Service Strategy - mengisyaratkan
bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi
panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara
prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu
dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk
memberikan layanan yang baik.
2.Service Design -
memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur)
teknologi
informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui
desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi
informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan
unit/divisi pengguna pada organisasi.
3.Service Transition -
menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan
menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini
harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.
4.Service Operation -
mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses
manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya.
Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan
mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.
5.Continual Service Improvement - mengingatkan
perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa.
Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa
belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa
organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.
3. GRAB
Merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab yakin bahwa setiap masyarakat di Asia Tenggara harus mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital, dan perusahaan memberikan akses untuk layanan transportasi yang aman dan terjangkau, layanan pesan antar makanan dan pengiriman barang, serta layanan pembayaran mobile dan finansial. Grab juga adalah "decacorn" (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar atau 10 kali lipat dari "unicorn") pertama di Asia Tenggara.
Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaksi) serta kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling sosial (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh - Aceh hingga Jayapura - Papua .
Tokopedia
merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun ", Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.


Komentar
Posting Komentar